Tempat Nongkrong Asyik di Kutoarjo

Kutoarjo adalah salah satu nama sebuah kecamatan di Kabupaten Purworejo. Nama kecamatan ini menjadi begitu terkenal karena letaknya yang strategis banget. Ada di jalur darat kereta lokal Prameks (Prambanan Ekspress) yang bisa menghubungkan Kutoarjo-Jogjakarta-Solo dengan harga yang murah dan cepet banget, dan ada juga kereta jarak jauh lainnya. Jalan utamanya juga merupakan jalur utama Kutoarjo-Kebumen. Hemmm sebenernya penulis sendiri bukan anak asli Kutoarjo sih. Tapi penulis dapetin cukup banyak ilmu dari temen-temen penulis yang aseli sini sewaktu main ke Kutoarjo. Penulis orangnya rada gak betahan gitu kalo nggak jajan. Atau minimal tau lah tempat makan yang legendaris, murah, enak, atau rame disini. Hihihi.

Dari perjalanan penulis, ini beberapa tempat yang mungkin bisa jadi referensi perjalanan kalian kalo liwat marih. Monggooo…

  1. Es Dawet Ireng Butuh
Es dawet ireng jembatan butuh kutoarjo

Es dawet ireng jembatan butuh kutoarjo

Es dawet ini dinamain Dawet Ireng karena warnanya yang hitam (dalam bahasa jawa: ireng). Terletak di dekat sungai/kali Jembatan Butuh. Butuh itu adalah nama kecamatan di Kabupaten Purworejo. Kalau dari Stasiun Kutoarjo belok kiri aja. Lurus teruuuus sekitar 4 km-an nanti ada gubuk bambu belakangnya sawah. Pertama kalinya penulis nyobain, rasanya suegeeerrrrr banget dan uenaaaak banget. Harganya juga murah. Cuma 3 ribu perak. Kalopun naik, yaa nggak akan jauh2 dari itu kok. Yang jelas, masih aman di kantong. Bikin kangen sama Kutoarjo ☺

  1. Martabak Legit

Sejujurnya, penulis cuma lewat ajah, nggak mampir. Hal ini disebabkan because penulis nggak pingin martabak #anaknyamoody. Tapi dari penuturan rekan penulis sih disini cukup terkenal. Rasanya enak katanya. Harganya sekitar 15ribuan keatas. Toppingnya lebih bervariasi gituu. Kalo hobi nongkrong, coba lah martabak disini.

  1. Nasi Goreng MM deket salon MM. Mbak Dyah
Nasi Goreng Muantaapp

Nasi Goreng Muantaapp

Ini nih gokil. Nasi gorengnya Mbak Dyah. Letaknya di daerah Semawung daleman persis di pinggir jalan. Tempatnya cozy banget. Bersih dan khas daerah banget dengan interiornya bambu-bambu gitu. Harganya juga pas di kantong. Cukup 8ribuan buat all varians. Menunya sebenernya sederhana aja, ada nasi goreng, pecel lele, mi goreng, mi rebus. Rasanya? Uenaaaak pol! Dijamin nagih!! Silahkan dicoba!

  1. Sosis Bakar Alun-alun Kutoarjo

wpid-img_20150812_162443.jpg

Kalau mampir ke Kutoarjo, pastikan kamu main juga ke alun-alunnya. Bisa dibilang Kutoarjo adalah satu-satunya kecamatan di Purworejo yang punya alun-alun. Sebab, dulu disini itu pusat pemerintahannya ketika zaman masih karesidenan gitu. Terus dipindah deh jadi di Purworejo. Jadi, kecamatan ini juga punya alun-alun. Alun-alun ini mulai keliatan ramai ketika udah agak sore. Para pedagang kaki lima mulai menggelar dagangannya dengan bermacam jajanan. Salah satu jajanan favorit penulis adalah Sosis Bakar-nya! Sosisnya sih sepertinya sama aja kayak sosis-sosis jajanan SD gitu. Tapi yang beda itu bumbunya. Enak bangeettt. dan….murah. Cuma 1500 satunya. Hahaha. Dicoba guys sambil ngangkring terus ngeliat pertandingan bola di alun-alun leh uga😀

  1. Es Dawet Coan

wpid-img_20150812_160953.jpg

Es dawet ini juga merupakan salah satu es dawet yang legendaris di Kutoarjo. Letaknya beda sama dawet ireng yang ada di deket jembatan Butuh. Es Dawet Coan adanya di jalan MT. Haryono, deket sama Martabak Legit Bandung. Menurut penuturan rekan penulis, dawet ini udah ada dari jaman ibunya dia masih kecil disini. Semua perantau pasti bakal balik makan es dawet ini setiap pulang kampung. Dawetnya warna hijau, sirupnya warna merah, plus tape ketan warna putih. Manis, seger, asyem, uenak jadi satu. Wuuuw! Harganya? Murah aja sih guys. 5ribu perak sajaaa… Dan kesegaran es dawet ini akan kamu dapatkan!

  1. Bebek Goreng Pak Dargo

wpid-img_20150812_164351.jpg

Ini juga salah satu warung makan/ restoran yang ada di jalan utamanya Kutoarjo-Kebumen. Kata salah satu temen saya sih ini cukup rame di hari2 tertentu. Harganya sekitar 20ribuan sepaket. Tapi, penulis belum sempat merasakan kelezatan bebek goreng disini. kapan-kapan kali yaa..

  1. Bakso Pak Sukar

wpid-img_20150812_154104.jpg

Bagi kamu penggemar bakso, jangan lupa juga mampir ke Bakso Pak Sukar yang juga legendaris banget disini. Bakso ini juga udah luamaaaaa banget ada di Kutoarjo. Segeerrrr banget dimakan kalo siang-siang. Apalagi kalo lagi laper. Beehh… Beneran enak. Harganya cuma 12 ribu rupiah saja untuk satu porsinya. Pilihan baksonya ada 2 jenis, ada yang kasar (pake urat) ada juga yang halus (tanpa urat). Ah, bener-bener puas makan disini!

  1. Roti Bagelen

wpid-img_20150812_163907.jpg

Roti Bagelen adalah roti kering berbentuk bulat kecil yang disajikan dalam kemasan. Roti ini sangat legendaris juga, karena ternyata roti ini asli dari Purworejo. Rasanya manis, asyik dimakan pas santai sambil minum teh. Boleh dicoba buat oleh-oleh😀. Tapi, penulis belum tahu harganya nih. Kalau untuk tempat, masih di sekitar alun-alun Kutoarjo, kok!

Mungkin masih banyak kuliner-kuliner lainnya dari Kutoarjo. Semoga kita masih bersemangat untuk jajan, eh, maksudnya untuk melestarikan makanan khas dari daerah-daerah yang ada di Indonesiaaaa :DDDD

One thought on “Tempat Nongkrong Asyik di Kutoarjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s