Semuanya HANYA dimulai dari…. Komunikasi

Bukan… bukan. Uwe bukan mau merendahkan, karena menggunakan kata ‘hanya’, dengan hurufnya yang dikapitalkan di judul itu. Itu karena aku saaaaangat sangat nomu nomu nomu nomu nomu nom nom nom nooom……bahagia, loh ya. Tersadarkan punya konco-konco sing uapik tenan! Sing huebat. Sing membanggakan! rada napsyu

Kenapa nggak dari dulu ya. Bodohnya diriku.

Berawal dari sindiran halus seorang senior, yang bertanya (dan memang tugasnya dia adalah bertanya dan bertanya) mana nih ini? Mana nih itu? Mana udah ada job belom? Mana logo? Kapan nampil keluar negeri? Kapan konsol? Ukm piye? Proposal? Blablabla. herggggh gerah eyke! Sejujurnya, males nanggepin kayak gitu. Toh dia juga kerjaannya ngritiiiik mulu. Awalnya.

Awalnya, loh ya. (etapi belom tentu sekarang udah nggak gerah sih) Hahaha

Cuman, sekarang lebih mau ambil sisi positipnya dari adanya orang yang critical kayak gini. Emang peran dia adalah membangkitkan sisi gedek gw dan membuat gw membuktikan ke dia. Huehehe

Nah.. Akhirnya uwe mencoba mulai dari hal paling inti dulu. KAS! Bingung siapakah yang mau dan mampu memegang uang kas dengan segala alokasinya. Si partner yang mengurus kas sebelumnya, ceritanya punya cita-cita lain, yaitu 3,5 tahun kuliah. Uwe akhirnya mencari-cari, ada gak ya anak 2012 yang mau. Karena selain uwe, arnis, zakki, vinka, dan niko memang sisanya 2012 ke bawah semua. Huft…

Ternyata ada yang mau. Setelah merayu, memelas, dan mengharap, dia menyanggupi memegang kas, lengkap dengan pencatatannya, perapihannya, alokasinya, dan wajah-garang nagihinnya. Hahaha. Congrats buat mbak Annisa Fitriyani <:D kamu jadi bendahara ya nak.

Lalu merembet merembel, lanjut ke rencana perubahan status kami, dari komunitas mau jadi UKM. Ah, sudahlah. Ini sedikit membuat alaw. Seriusly gue galau abis berhari-hari mikirin ini. Mikirin doang sih ya, nggak dikerjain. Akhirnya uwe dan Mbak Arnis Prameswari Putri mencoba dateng ke CDC UI (Career Development Center UI) buat ketemu Pak Syafiq. Alias Gus Syafiq, karena beliau masih ada keturunan NU-NUnya lah, dan sangat appreciated terhadap gamelan. Atas saran Guru Besar Romo Doni tentunya. Kawannya beliau ini. Akses ke pihak atas-atas yang bisa membantu kami pokoknya didapet dari Romo deh. Luar biasa. Lalu dapet wejangan dari dia untuk buat proposal UKM dan kuatkan di latar belakangnya. Motivasi terpacu mode: on!

Disinipun sempet terkendala sama komunikasi antara uwe sama mbak arnis. Dia katanya pernah bikin proposal tapi ternyata hilang. Itu menjelaskan dan mintanya syulit bgt ke dia. Mungkin dia ribet sama tugasnya yang banyak itu. Sempet dijutekin juga😦.Tapi gueh mencoba memahami. Kasian dia hufff mungkin pas uwe di semester akhir akan kayak gitu juga… Emosi gak stabil, stress. Hueee mangats nisss!!

Akhirnya uwe make proposal bekas Seta Kresna Wirama, yaitu komunitas pendahulu kami, yang ternyata ada. Mas vicinya padahal lagi di Maluku, tapi uwe ngudek2 emailnya dan cari proposal yang hampir diajukan. HAHAHA. AMPUN YAMAS. Yang penting.. Dapet! Dengan proposal itu, setidaknya gw punya pandangan sedikit tentang proposal pengajuan UKM tuh kayak gimana. Walalupun udah searching2 gugel juga tetep aja syulid. Dalam membuat proposal ini, yaa, yu nou lah, dalam hal apapun, si icha ini emang sulit sekali untuk memulai. Hahahah kenapa ya? Susahhh banget. Akhirnya, dibantu oleh Mas Nikolas Sri Sewandono, beberapa paragraf pertama untuk latar belakang, dengan dibantu ide-idenya yang brilian dalam merangkai kata manis nan elegan buat tujuan, jadilah! Proposal itu sedikit berhasil uwe kelarin. HAMDALAH. Tinggal nunggu direvisi Romo :’)

Lalu… lalu semua berlanjut ke…. Logo. SWIM HARUS punya logo, alias identitas falsafah kita. Dulu pernah ada wacana tapi ga jalan-jalan, gak jelas siapa yang mau bikin dan urus. HAHA salah gue. Akhirnya, dengan mengkepo-kepo potensi apa yang dipunyai anggotanya dulu (biar gak keluar duit) dapetlah seorang penggambar, desainer, yang keren banget! Ngobrol lah sama Mbak Novinka Praramadona Putri mau gak dia bikin logo. Dan… subhanallah, langsung disanggupi. Kawan, kalau kau mau tahu, betapa sulitnya mengarahkan inisiatif teman-teman ini. Sungguh, karena kami hanya bertemu seminggu sekali. Syulit terlacak :’ Dan kuncinya hanya dengan diberi kepercayaan, secara personal.

Jadilah beberapa desain, yang indah. Beberapa kali dia membuat dan terjadi komunikasi antara si konseptor dengan eksekutor. Jadilah ini :

ImageImageImage

 

Gue tadinya mau pake sistem voting, dan pake sih emang haha di grup whatsapp. Dan dapet kritikan juga, dari Niko. Katanya yang kayak gini harusnya jangan disebar ke floor, panitia kecil aja yang memutuskan. Setelah itu Romo juga mengkritik serupa. Huhu terimakasih kalian. Akusenang dikritik membangun..

Lalu tak putuskan sendiri saja, yang nomer terakhir.

Tiba-tiba 2 hari atau beberapa hari setelah itu, si Mas Doni Saputra anak STIS yang setia banget ikut gamelan, berinisiatif memberikan sebuah perbaikan atas logo yang disempurnakan olehnya. Dengan potosop, dan ketulusan itu :’D, dan dengan beberapa kali revisi pula. Jadilahhh…..

Image

LOGO FIX KOMUNITAS GAMELAN JAWA SEKAR WIDYA MAKARA UI 8 April 2014. \(^O^)/ kyaaa~~ Bahagia tak terkira. Subhanallah walhamdulillah… Jadi juga ya Allah :’D

 

<

p style=”text-align:left;”>Perjuangan gak sampai disini. Teman-teman seneng bgt kayaknya atas desain yang indah ini. Lalu, si Doni lagi, membuat desain dan mengajak suatu hal. Bikin kaos. DATZ, BOY!

Image

 

Cantik kan? Huaaaaaaa bahagia atas inisiatifnya. Gak nyangka kemampuan desainnya indah banget. Ah, emang enak gini, memberdayakan anak sendiri. Selain karena orijinal ide anak swim, ya murah juga. Hueheheh

Laluuuu, ada 1 hal lagi yang pingin tak lakukan sebelum kebahagiaan ini berakhir. Konsolidasi anggota SWIM. Ini belum pernah loh saudara-saudara. Hufffff payah ya aku😦

Akhirnyaaaa… Tadi uwe ‘merayu’ Mbak Sri Rejeki dan Luciana Purwanti untuk mau mengkonsepkan dan urus segala tetekbengek tentang konsolidasi ini. Daaan mereka MAUUUU. Bahagia lagi! Terlihat dari bahasanya yang sangat baik dari feedbacknya. Uwe sampe jejeritan saking bahagianya. Sumfah. hahaha >< Gaktau bahagia kenapa. Mungkin karena ngerasa gak sendiri kali ya. Ngerasa, kali ini bisa menggunakan otak agak lebih baik dari kemaren. Buat SWIM. Bahagia bisa mengkoordinasikan dan memberdayakan kemampuan anggotanya sendiri. Iiiiih dari dulu kek ciiiiil.

STAY POSITIVE and HAPPY yaaa iciiiil. Semuaaaa kalian semua anak SWIM, kalau kalian tau betapa rasa cinta ini telah masuk memenuhi hati, kalian mungkin gak percaya. But, i do. Enelan guys :’)

Coba dari awal uwe mengkomunikasikan kesulitan uwe sama kalian; mengkoordinasikan kalian, memberdayakan kalian. Hiks maaf ya T-T

One thought on “Semuanya HANYA dimulai dari…. Komunikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s