Konflik Nilai

Konflik nilai, adalah… suatu paradigma, persepsi, salah satu cara pandang dalam menganalisis masalah sosial. Konflik nilai berisi nilai-nilai, kepentingan, identik dengan kebudayaan dan proses sosialisasi orang itu. Pokoknya, konflik antar nilai, yang kita tahu nilai itu sangat relatif.

Pas banget, gue lagi mengalami hal itu. Ceritanya alhamdulillah gue keterima Gerakan UI Mengajar alias GUIM angkatan 3. Tapi, banyak dilema alias konflik di dalam diri gue. Salah satu contoh terberatnya.. Sabtu ini gue yang mau nampil tetiba harus membatalkan tampil gue demi dateng acara GUIM yang nginep 3 hari. Oh GOD. Ya Allah..

Sejujurnya bakal banyak acara yang gue bakal tinggalin. TA SMPN2, JJKS, JJAT, quality time sama keluarga, ah banyak banget. Tapi, ini kan konsekuensi gue. Gue jadi banyak berpikir, sebenernya banyak orang yang bisa aja masuk jadi pengajar. Gue bukan orang terpilih, istimewa atau semacamnya. Gue cuman orang yang bersedia waktu liburannya diisi sama kegiatan ini. Yang lain kan ada acaranya masing-masing. Penyambutan panitia terlalu berlebihan menurut gue. Banyak yang gue pikirin. Apa bisa gue maksimal disana. Apa gue beneran bisa bermanfaat. Apa gue… ah.

Ini masalahnya yang ini dulu deh. Di satu sisi gue dipercaya jadi ketua atau koordinator GAMELAN JAWA UI. Komunitas yang kecil tapi hangat. Cita-citanya mulia. Walaupun baru seperti ya gini gini tapi selalu menyenangkan dan inspiratif. Tapi,, gue mau GUIM juga. Maksudnya ada acara GUIM di hari yang sama. Dan itu pasti bakal membuat kepercayaan mereka sama gue hilang. Gue bakal dijauhin, disindir, di entahlah sama swim. Gue takut. Gue takut ga bertanggungjawab. Mesti gimana? Gak ada temen buat ngeshare. Nggak ada yg ngerti. Huaaaa AllahšŸ˜„

Leave a Reply

